Tuesday, February 14, 2017

Bisnis Online Tanpa Punya Produk Sendiri, Begini Strategi & Kisah Pahit Manisnya


Dunia informasi berubah lebih cepat ketika adanya internet yang memungkinkan akses informasi lebih cepat. Bagitu pula di dalam pemasaran produk, banyak pihak yang menggunakan internet dalam memajukan usaha mereka. Menggunakan digital marketing yang bertujuan mendongkrak omset penjualan tentunya sudah menjadi keharusan untuk zaman sekarang ini.

Apa sih sebenarnya digital marketing ? Menurut wikipedia digital marketing (pemasaran digital) adalah susatu susaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan mengggunkan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan.

Baik saya akan bahas mengenai dunia digital marketing yang telah saya alami selama ini. Sedeharnanya bagi saya digital marketing itu merupakan proses pemberitahuan informasi kepada pihak tertentu yang menjadi target market kita dengan menggunakan berbagai cara marketing misalnya melalui social media, email marketing, seo, dan lain-lain

Untuk menjadi seorang yang ahli di bidang digital marketing Anda harus belajar untuk fokus terhadap satu produk. Karena bagi pemula banyak sekali kendala yang mereka pikirkan padahal sebenarnya masalah yang mereka alami juga pernah di alami oleh orang lain yang lebih dahulu memulai usahanya dengan menggunakan digital marketing.

Bagaimana saya menggunakan digital marketing untuk menjual produk orang lain tanpa harus menyetok produk  dengan profit yang menggiurkan.

Besarnya peluang di dunia internet untuk memasarkan produk bisa menjadi pilihan bagus untuk kita. Dunia marketing dengan media internet, terutama dengan promosi melalui jejaring sosial seperti facebook , twitter, path, instagram dan lain-lain sudah sangat umum saat ini.

Bagi yang mau memulai berikut pengalaman saya berjualan selama ini dengan menggunakan digital marketing.

     Temukan Produk

Banyak yang bingung bagaimana cara menemukan produk yang bagus apalagi bagi yang baru memulai usaha. Sebenarnya setiap produk punya pasar sendiri, tinggal kita yang mau menentukan siapa target marketnya.

Jika saya pribadi mencari informasi dengan menggunakan google, pertama kali saya mencari produk dengan hobi. Untuk saat ini saya menyukai sepak bola. Oke mari kita buat detailnya sepak bola itu identik dengan apa.  Pastinya yang utama adalah bola, trus kostum bola (jersey, celana, jaket), sepatu bola, dan accesoris lainnya, seperti kaos kaki, dekker dan lain-lain

Pertama kita mulai riset dari google keyword planner.



Dari hasil nya kita bisa lihat peluang dari berbagi kata kunci yang kita jabarkan di atas. Ada banyak pencarian jaket bola 1K - 10 K artinya sekitar 1000-10000 pencarian tiap bulan. Berarti memang market produk jaket bola cukup gurih.

  Mari kita lihat lagi trendnya



Oke dari gambar di atas kita lihat grafik naik turun, dan puncak itu bulan oktober dan turun lalu naik lagi di februari. Bisa dikatakan  jaket bola peluang cukup bagus. Sudah dapat info yang lengkap mengenai datanya, sekarang untuk itu kita perlu cari tahu siapa yang bisa kita ajak kerja sama atau supplier yang menawarkan kerja sama untuk memasarkan produk mereka. Istilah keren nya sekarang adalah dropship.

Dropship adalah kita bisa memasarkan produk dari supplier tanpa harus menyetok barang. Jadi kita bisa fokus dalam pemasaran dengan digital marketing tanpa harus pusing menstok dan mengelola produk.

Setelah mendapatkan kata kunci mari kita cek di google kata kunci dropship jaket bola


Dari hasil di  atas ada beberapa suplier yang menerima kita menjadi dropship , kontak mereka dan jalin hubungan kerja sama yang baik. Pastikan mereka adalah penjual terpercaya . Atau anda juga bisa mencari suplier di market place ternama, seperti di tokopedia, buka lapak, shoope dll.

          Copywriting


Copywriting adalah bagaimana kita menuliskan produk kita semenarik mungkin agar si pengunjung tertarik untuk melakukan pembelian. Untuk permulaan mungkin kita sedikit bingung apa yang akan di tuliskan. Yang perlu kita tuliskan menurut saya. Sebagai contoh kita ambil produk jaket.

1. Judul yang menarik
Tuliskan judul yang menarik untuk produk yang kamu akan jual contoh.
Jaket bola Manchester united
Lebih bagus jika judulnya kita buat Jaket bola Manchester united home musim 2016-2017 terbaru

2. Deskripsi produknya
Tuliskan produk nya terbuat dari bahan apa? Bisa juga kamu jelaskan bahan apakah tahan air atau tidak, kamu juga bisa tuliskan detail ukurannya

.        3. Mamfaat produknya
Apa mamfaat produk tersebut, jika kita bahas jaket berarti untuk melindungi tubuh dari suhu dingin, atau suhu dingin (hujan) bagi jenis jaket yang water proof. Atau bisa juga kamu sampaikan kalau pakai jaket ini bisa tambah ganteng dan keren saat nontong bareng.
       
        4. Cara pemesanan
Jangan lupa no kontak karena ini adalah inti nya terjadi penjualan. Karena percuma tulisan copywriting panjang detail dan semenarik mungkin tapi tidak ada no kontak yang bisa dihubungi calon konsumen kita. Karena di no kontak ini lah kita terjadi negosiasi untuk deal harga dan penjualan. Anda bisa mencantumkan no hp, no whatsapp, Bbm atau Line


Bagaimana Mendapatkan Pembeli Dengan Metode SEO


Banyak yang menyarankan kalau belum punya modal buat iklan maka belajarlah dengan SEO. SEO adalah search Engine Optimization. Bagi yang belum paham SEO ini erat kaitannya dengan bahasan kita pertama mengenai kata kunci produk yang kita bahas. Misalnya tadi "jaket bola" maka perlu bagi kita untuk menggali lebih dalam market yang spesifik misalnya jaket bola Manchester united. Maka perlu bagi kita menaikkan posisi keyword ( kata kunci) tersebut agar orang yang mencari jaket bola Manchester united bisa menemukan website kita.

Untuk memulai seo maka Anda harus membuat blog atau website terlebih dahulu. Ini ibaratkan menjadi toko kita, dimana kita bisa memajang produk kita tawarkan. Semakin banyak produk yang di posting di website maka semakin bagus untuk kita dalam menawarkan pilihan. Semakin banyak konten atau produk kita akan semakin ramai pengunjungnya ke website kita sehingga memperbesar peluang penjualan.

Berikut proses gambaran trafik website yang kita optimasi dengan SEO 
Sebelum SEO

Setelah SEO

Terjadi peningkatan pengunjung kan .. yang awalnya cuma 100 visitor sekarang menjadi 300 visitor. Proses SEO website tidak bisa instant butuh proses.

Setiap kata kunci atau keyword produk yang kita miliki mesti kita targetkan untuk mendapatkan posisi halaman pertama, semakin bagus kalau kata kunci dari website di posisi 1 halaman 1 di google. Jadi peluang konversi penjualan akan semakin bagus. Kenapa ? Karena sumber trafik atau pengunjung terbanyak biasanya ketika posisi keyword kita berada di posisi halaman 1 ranking 1.

Oke saya kasih contoh ini saat saya mengetikkan sweater bola persija posisi website saya masih di ranking 5 tapi halaman pertama. sudah oke lah karena ini baru saya optimasi satu minggu.

Namun ketika saya masukkan kata kunci yang lebih spesifik lagi "sweater bola persija terbaru" posisi website saya berubah di halaman pertama ranking satu, dan di google image gambar produk saya berada di posisi atas.

Semakin banyak kata kunci yang bisa kita optimasi untuk muncul di halaman pertama maka semakin besar traffik yang datang ke website kita dan kemungkinan penjualan akan semakin sering terjadi. Jangan lupa mengisi website kita dengan konten atau artikel bermafaat yang berkaitan dengan produk kita. Hal ini bertujuan untuk membangun citra bahwa website kita memang berkompeten dan terpercaya dalam menjual produk yang kita punya.



Sosial Media Marketing

Bagi saya sendiri saya lebih memilih facebook sebagai wadah marketing. Karena saya sudah familiar dengan facebook dan ada fasilitas layanan iklan. Iklan facebook atau facebook ads saat ini sudah mudah untuk di akses. Dulu saat saya baru mengenal facebook ads, kamu mesti punya kartu kredit atau minimal paypal untuk memakai layanan iklan berbayar ini. Tapi sekarang bisa menggunakan kartu debet beradti dengan banyak kemudahan pembayaran maka semakin terbuka lebar peluang para pemilik usaha besar maupun kecil untuk memakai facebook ads.

Berikut ini perjalanan saya memakai facebook ads dalam kurun waktu beberapa minggu.




Biaya yang saya keluarkan tidak begitu besar sih tapi omsetnya nya lumayan lah buat dapatkan profit yang berlipat .Facebook ads yang saya gunakan hanya untuk langsung menawarkan produk yang saya punya (eh tepatnya produk yang saya dropship kan :D) . 

Pengalaman saya dengan berbagai media promosi baik seo maupun social media khususnya facebook memberikan banyak ilmu dalam marketing. Banyak sekali orang tidak paham bahwa jualan itu bisa dibuat sederhana, tak perlu rumit. Dalam berjualan di media internet pertama kita perlu fokus dan pahami produknya , dan menemukan target pasarnya. Saat kita mendapatkan calon konsumen tinggal bagaimana kita menanggapi setiap pertanyaan si calon konsumen, semakin baik kita memberikan jawaban dan solusi baginya maka percayalah akan banyak terjadi penjualan yang meningkat kan omset mu.

Tidak Semuanya Indah

Ngomong-ngomong semua hal di atas tidak selalu indah ada lika-liku yang perlu kamu alami. Mulai dari produk yang kosong, harga yang tak sesuai dengan keinginan pasar, atau calon konsumen yang nanya melulu panjang sekali tapi tidak terjadi penjualan, atau malah kita yang tidak sabaran melihat tingkah laku calon konsumen.





Ketika udah mau deal.. eh malah gak dibolehin sama istrinya :D



Ketika mau kirim pembayaran tapi belum juga di kirim-kirim :D

Tapi seperti kata pepatah "kerja keras hasilnya tak kan pernah berkhianat". Semua akan terbayar dengan peningkatan penjualan kita. Ini adalah penjualan saya yang terbaik selama dropship atau mengambil produk di bukalapak.com dan menjualnya kembali menggukan facebook dan seo. Produk yang saya jual adalah jaket bola, dengan promo yang di tawarkan buka lapak, semakin memudah kan saya dalam melakukan penawaran ke calon konsumen untuk membeli. Gambar di atas adalah transaksi yang saya lakukan dalam 1 hari.

Bagi Anda yang belum begitu paham atau masih pemula dalam digital marketing jangan khawatir
sekarang sudah ada ABAH Digital Marketing Specialist sebuah perusahaan jasa yang bisa membantu Anda untuk pemasaran digital produk kamu . Sebagai Agency Digital Jakarta yang bisa membantu kamu memasarkan produk atau jasa di media internet. Jadi pastikan Anda mengambil pasar internet yang masih besar peluangnya.



3 comments:

  1. Kalau saya paling lewat socmed seperti facebook dengan fanspagenya, kemudian lewat artikel di blog juga saya bisa karena itu paling mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas..facebook sampai saat ini masih sangat besar peluangnya untuk mempromosikan produk kita

      Delete
  2. Did you realize there is a 12 word phrase you can tell your man... that will induce intense feelings of love and impulsive attraction for you deep within his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, look after and protect you with all his heart...

    ====> 12 Words Who Fuel A Man's Love Instinct

    This impulse is so hardwired into a man's mind that it will make him try better than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    As a matter of fact, triggering this mighty impulse is absolutely important to having the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will instantly find him expose his heart and soul for you in such a way he's never experienced before and he will see you as the one and only woman in the universe who has ever truly attracted him.

    ReplyDelete

Categories

Powered by Blogger.